Selamat Tahun Baru Imlek 2020

Kemendikbud Gelar Pameran dan Seminar Hadapi Revolusi Industri 4.0


Berbicara revolusi industri, keberadaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tidak boleh dilupakan. SMK merupakan garda terdepan dalam menyongsong era revolusi industri 4.0 yang tengah dihadapi. Sejumlah langkah dilakukan untuk meningkatkan mutu SMK saat ini. Salah satunya adalah Pameran dan Seminar Teaching Factory untuk Penguatan Karakter Kerja dan Kewirausahaan Siswa SMK di Era Revolusi Industri 4.0 yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung A, Kemdikbud, Jakarta (4/12) empat pengembangan kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun 2019. Pertama adalah pengembangan Kamp Kreatif SMK Indonesia (KKSI). KKSI mengambil 23 topik pembelajaran yang menghasilkan para juara dan ide terbaik serta kategori karya excellent. Namun, hanya juara 1 yang diundang untuk menampilkan karya mereka dalam kegiatan ini.
Sebagai bentuk apresiasi beasiswa diberikan kepada para siswa yang terlibat dalam penyusunan tugas akhir. Program pembelajaran berbasis industri 4.0. bertujuan agar memperkenalkan muatan industri 4.0 kepada siswa yang terkait dengan kompetensi. Terdapat 9 tema yang salah satunya dapat dipilih untuk diimplementasikan di sekolah, di antaranya: Game Development, Internet Of Things (IoT), E-Commerce, 3D Printing, AR/VR, Smart School, Artificial Intelligence, Tourism Promotion, dan Robotic.

"Dari penyelenggaraan kegiatan ini, peserta mendapatkan best practice dari SMK yang menghadirkan karyanya. Aktivitas ini sangat positif, mudah-mudahan menjadi inspirasi bagi para peserta," jelas Bakrun, Direktur Pembinaan SMK, Kemdikbud.
"Pameran tidak sekadar menjadi pameran. Sebanyak 43 sekolah bisa saling belajar dengan cara melihat yang terjadi di sekolah lain. Belajar tidak harus dikelas dan ikut pelatihan, di sini kita juga belajar untuk menumbuhkan ide-ide baru. Hal ini lebih cepat dibandingkan pelatihan dan pembelajaran formal," tambah Bakrun (sumber :http://psmk.kemdikbud.go.id)

SMK Negeri 1 Purwodadi salah satu yang dapat mengikuti Pameran dan Seminar Teaching Factory untuk Penguatan Karakter Kerja dan Kewirausahaan Siswa SMK di Era Revolusi Industri 4.0. SMK Negeri 1 Purwodadi berhasil mendapat juara 1 Kompetensi dan Guru Excellent bidang lomba AR dan VR dalam Aplikasi K1 Mart.
“Ikut mengadiri pameran di KEMENDIKBUD Jakarta dan penerimaan sertifikat juara 1 bidang lomba Augmented Reality & Virtual Reality (AR VR) dalam ajang lamba kreatif SMK Indonesia (KKSI), semoga semakin bermanfaat untuk semua.” Jelas Sukamto, S.Pd,. MM, Kepala SMK Negeri 1 Purwodadi.



Daftarkan email anda untuk update berita terbaru:

0 Response to "Kemendikbud Gelar Pameran dan Seminar Hadapi Revolusi Industri 4.0"

Posting Komentar