Selamat Hari Pahlawan Ke-74 2019

MONEV KPK ke SMK Negeri 1 Purwodadi

SMK Negeri 1 Purwodadi Grobogan merupakan salah satu sekolah yang berintegritas di Jawa Tengah. Pada hari ini Selasa, 5 Nopember 2019, mulai dari pukul 8.00 s.d 12.00 WIB, seorang petugas dari KPK, Ibu Anisa hadir di SMKN 1 Purwodadi untuk melaksanakan MONEV(Monitoring dan Evaluasi) terkait dengan Implementasi Pendidikan Anti Korupsi (PAK) di SMKN 1 Purwodadi.

Kehadiran beliau disambut oleh Kepala Sekolah Bapak Sukamto, S.Pd, M.M beserta Tim, turut hadir juga Bapak Munari, M.Pd selaku Kepala Seksi SMK Dinas Pendidikan Wilayah IV. MONEV di awali dengan visitasi atau observasi lingkungan sekolah yang didampingi oleh Kepala Sekolah, Waka Hubin dan Ketenagaan Drs. Safi’in, serta Kepala Seksi SMK untuk melihat secara langsung dengan situasi dan kondisi lingkungan sekolah SMKN 1 Purwodadi.
 
Di sela-sela visitasi lingkungan beliau ibu Anisa mendokumentasikan tulisan-tulisan yang bernilai integritas terkait dengan Implementasi Pendidikan Anti Korupsi (PAK)   yang diletakkan atau ditempel ditempat tempat yang strategis.


Sesampai di perpustakaan dan Lab. Tata Busana, beliau sambil bertanya kepada Bapak Kepala Sekolah tentang apa yang sudah dilakukan di sekolah selama ini untuk PAK, Bapak Sukamto, S.Pd,. MM, menjawab dipagi hari sebelum pelaksanaan pembelajaran dikelas Guru dan Karyawan serta peserta didik melaksanakan apel pagi. Apel dilaksanakan pada pukul 6.45 secara terpisah. Guru dan karyawan apel tersendiri, peserta didik juga apel tersendiri karena informasi yang diberikan tidak sama. Pembina apel juga sudah terjadwalkan tutur Bapak Kepala Sekolah, dan alhamdulilah angka keterlambatan bisa terkurangi bahkan hampir tidak ada yang telambat, jikalau ada peserta didik yang terlambat, terlambatnya hanya pada saat ikut apel saja, bukan terlambat masuk pelajaran. 
Ini adalah salah satu upaya untuk mewujudkan nilai karakter disiplin. Karena terlambat merupakan salah satu prilaku korupsi, tutur Bapak Kepala Sekolah lebih lanjut. Ibu Anisa, sambil tersenyum dan berucap bagus bapak itu, bisa dilanjut terus.
 
Kemudian setelah visitasi lingkungan sekolah dilanjut supervisi kelas, beliau ingin melihat langsung pelaksanaan insersi pembelajaran PAK pada mapel PPkn. Dalam hal ini guru yang di supervisi adalah Ibu Sri Wahyuni, S.Pd, M.Pd. Supervisi berlangsung selama 2 jam pelajaran di kelas X AKL, pembelajaran berlangsung natural, komunikatif dan inovatif.
Setelah selesai supervisi kelas beliau memberikan reaksi yang positif terhadap pelaksanaan pendidikan anti korupsi di SMKN 1 Purwodadi, dan juga memberikan arahan dan masukan Kepada Sekolah bahwa semua guru baik guru mapel kelompok A, B, C dan guru produktif harus memasukkan 9 nilai integritas dalam proses pembelajaran. Dengan memasukkan 9 nilai integritas dalam pembelajaran berarti Bapak/Ibu Guru telah mengimplementasikan PAK. Dengan demikian akan membentuk karakter peserta didik, yang akan membekali mereka untuk hidup tanpa korupsi / anti korupsi.

SMK bisa hebat... SMKN 1 Purwodadi Juara...
Salam 3 Jari.. berani jujur hebat!

Daftarkan email anda untuk update berita terbaru:

0 Response to "MONEV KPK ke SMK Negeri 1 Purwodadi"

Posting Komentar