Selamat Hari Guru Nasional

Balai Bahasa Jateng Gelar Penghargaan Prasidatama 2019


Balai Bahasa Jawa Tengah (Jateng) memberikan Penghargaan Prasidatama pada instansi/lembaga dan perorangan yang memartabatkan bahasa Indonesia dalam beberapa ranah penggunaan bahasa dan sastra Indonesia di Jateng.
Penganugerahan penghargaan juga diberikan pada penulis buku-buku sastra bermutu yang terbit di Jateng. Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah, Tirto Suwondo, menyatakan penempatan bahasa Indonesia sesuai dengan kedudukan dan fungsinya memerlukan upaya dari berbagai pemangku kepentingan, terutama pemerintah pusat dan daerah.
”Salah satu langkah untuk mewujudkan keinginan itu adalah melalui pemberian penghargaan. Penggunaan bahasa Indonesia diatur dalam Undang-Undang No. 24/2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan,” kata Tirto dalam rilis yang diterima Solopos.com, Jumat (14/6).
Batas akhir pengiriman berkas pada 30 Juli, penjurian pada Agustus, dan pengumuman pemenang serta penyerahan penghargaan dilaksanakan pada Oktober.
Penilaian Penghargaan Prasidatama 2019 meliputi kategori penggunaan bahasa Indonesia di pemerintah kabupaten/kota; penggunaan bahasa Indonesia di dinas pendidikan kabupaten/kota; penggunaan bahasa Indonesia di SMK; antologi puisi; antologi cerpen; dan novel.
Peserta  instansi diminta mengirimkan salinan dokumen naskah dinas yang meliputi surat edaran, surat tugas,  surat  keterangan,  surat  keputusan,  surat  undangan, laporan kegiatan, berita acara, notula, dan media publikasi.
Instansi juga diharap mengirimkan foto papan nama lembaga, tulisan nama sarana umum, tulisan nama ruang pertemuan, tulisan nama produk barang dan jasa, tulisan nama jabatan, tulisan penunjuk arah atau rambu, dan tulisan spanduk atau alat informasi lain. (sumber : solopos.com)

Penerimaan Penghargaan dari Balai Bahasa Jawa Tengah kepada Kepala SMK Negeri 1 Purwodadi yaitu Bapak Sukamto, S.Pd, MM.
SMK Negeri 1 Purwodadi dalam mewujudkan kecintaan terhadap penggunaan bahasa Indonesia terimplementasi pada produk tulisan yang ada di SMK Negeri 1 Purwodadi. Contohnya penggunaan bahasa Indonesia pada penulisan administrasi sekolah, papan nama, penamaan ruang, tanda atau rambu, papan lembaga dan penuisan gelar. Pencermatan penggunaan bahasa Indonesia di SMK dilaksanakan oleh 3 juri yaitu Drs. Suryo Handoyo, M.Pd., Enita Istriwati, S.Pd., dan Getmi Arum Puspitasari, S.Pd.
Setelah dilakukan pencermatan berdasarkan variabel tersebut, terpilih tiga SMK di Jawa Tengah sebagai nomine penggunaan bahasa Indonesia terbaik yaitu SMK Negeri 1 Pati, SMK Negeri 1 Purworejo, dan SMK Negeri 1 Purwodadi.  Selanjutnya, pada ketiga  SMK yang menjadi nomine dipilih satu nomine yang berhak menerima penghargaan Prasidatama kategori Penggunaan Bahasa Indonesia di SMK. SMK Negeri 1 Purwodadi berhasil meraih penghargaan nomine ketiga yang berhak menerima penghargaan Prasidatama kategori Penggunaan Bahasa Indonesia di SMK.

Baca Juga : Kunjungan Studi SMK Negeri 1 Purwodadi ke SMK Negeri 2 Adiwerna Tegal

SMKBisa!
SMKHebat!
SMKBisaHebat!
SMK Negeri 1 Purwodadi, Juara!


Daftarkan email anda untuk update berita terbaru:

0 Response to "Balai Bahasa Jateng Gelar Penghargaan Prasidatama 2019"

Posting Komentar