Tata Boga, Jurusan Baru di SMKN 1 Purwodadi

Tata Boga, Jurusan Baru di SMKN 1 Purwodadi
SMKN 1 Purwodadi kembali melakukan inovasi dengan membuka satu jurusan baru mulai tahun ajaran 2017/2018 mendatang. Yakni, jurusan Tata Boga.

Nantinya, total ada tujuh jurusan yang ada di sekolahan di jalan Diponegoro Purwodadi tersebut. Saat ini, sekolah tersebut sudah memiliki enam jurusan. Yakni, Tata Busana, Multi Media, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Administrasi Perkantoran, Pemasaran, dan Akuntansi.

Kepala SMKN 1 Purwodadi Sukamto menyatakan, untuk tahun pertama, jurusan Tata Boga hanya dibuka satu kelas dulu. Kapasitasnya untuk 36 siswa. Saat ini, pihaknya sedang mengajukan izin pembukaan jurusan baru ke provinsi. Kemudian, menyiapkan kelengkapan sarana dan prasarana pendukung yang diperlukan. Antara lain, ruang kelas reguler dan laborat khusus Tata Boga.

“Untuk ruangan kelas dan gedung untuk laborat Tata Boga sudah ada. Laboratnya ditempatkan pada gedung baru di bagian utara. Saat ini, lagi kita siapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan di dalam laborat Tata Boga,” jelasnya.

Selain itu, sebelum membuka jurusan baru, pihaknya juga sudah melakukan studi banding ke sekolah lain yang lebih dulu membuka jurusan Tata Boga. Yakni, di SMK Muhammadiyah 1 Blora.

Disinggung soal tenaga pengajarnya, Sukamto menyatakan, tidak ada masalah. Sebab, beberapa waktu lalu sudah merekrut dua guru khusus jurusan Tata Boga.“Untuk tenaga pengajar Tata Boga sudah ada. Bahkan, saat studi banding beberapa waktu lalu, tenaga pengajarnya kita ajak kesana,” katanya.

Menurut Sukamto, ada beberapa latar belakang membuka jurusan baru tersebut. Antara lain, ikut mendukung kebijakan Pemkab Grobogan yang ingin lebih mengenalkan kuliner khas daerah. Selain itu, sampai saat ini belum ada sekolah lain di Grobogan yang memiliki jurusan Tata Boga.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Sudono menambahkan, dibandingkan jurusan lain, laborat untuk praktik Tata Boga punya sarana dan prasarana yang lebih banyak jenisnya. Sebab, laborat itu nantinya akan mirip seperti sebuah dapur restoran.

“Ruangan ini nanti kita jadikan laborat Tata Boga. Ini, sudah kita pasang instalasi untuk saluran gas elpiji. Nantinya, masih banyak lagi yang harus dilengkapi. Seperti kompor dan peralatan masak lainnya, wastafel, dan juga bikin saluran air,” imbuhnya.

sumber:
http://www.murianews.com/2017/03/01/109046/smkn-1-purwodadi-bakal-buka-jurusan-baru.html

Daftarkan email anda untuk update berita terbaru:

0 Response to "Tata Boga, Jurusan Baru di SMKN 1 Purwodadi"

Posting Komentar